EMAKNAAN PESAN IKLAN KEBIJAKAN APLIKASI PEDULI LINDUNGI OLEH IBU DAERAH RURAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui Bagaimana Pemaknaan Iklan Kebijakan Aplikasi PeduliLindungi di Tv daerah Binong Aplikasi PeduliLindungi berfungsi sebagai salah satu penyampaian sumber informasi dalam yang dikemas berdasarkan unsur persuasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif ini yang berfokus pada analisis resepsi pada Pemaknaan Pesan Iklan Kebijakan Aplikasi Peduli Lindungi oleh Ibu Daerah Rural. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa posisi pemaknaan terhadap preferred reading dalam isi pesan Terhadap Iklan PeduliLindungi Oleh Ibu Daerah Rural. Terkait pesan iklan aplikasi PeduliLindungi berbeda di posisi dominant reading dan negotiated reading. Sedangkan pada posisi oppotional reading tidak ditemukan di penelitian ini sehingga ke 4 informan ini dengan posisi dominant reading bahwa mengerti dan memahami dalam memaknai isi pesan iklan PeduliLindungi sehingga ibu daerah rural Menariknya penelitian oleh ibu daerah rural tidak ditemukan di posisi oppotional karena ia memahami isi pesan iklan aplikasi PeduliLindungi di Tv. sehingga masyarakat bisa memberikan pesan yang baik dan mengikuti aturan yang sudah dibuat oleh pemerintah. Saran peneliti dalam memilih topik dengan menonton serta memahami iklan aplikasi PeduliLindungi, mayoritasnya ibu yang berusia 40-60 tahun masyarakat homogen. serta yang menetap di daerah binong kecamatan Curug, kabupaten Tangerang, Banten.
Keywords
Iklan PeduliLindungi, Ibu Daerah Rural, Analisis Resepsi Stuart Hall