Articles

ANALISIS PENERAPAN PRINSIP DESAIN PADA FEED INSTAGRAM AUTHENTISM DALAM MEMBANGUN IDENTITAS BRAND

  • Sarah Syahira Fadhilah , Wiwi Isnaini,

Abstract

Feed merupakan salah satu fitur pada platform instagram yang dimanfaatkan oleh para pengusaha untuk mempromosikan dan memperkenalkan produk dan merek kepada publik. Authentism adalah brand lokal yang menawarkan beragam produk seperti hijab, scarf, khimar, prayer set, top, dan aksesoris seperti scrunchie, dengan tema desain yang simpel namun elegan sebagai karakter yang ditonjolkan menjadi brand identitas merek tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis feed Instagram dari produk Authentism terutama penerapan prinsip desain pada feed yang ditampilkan. Penelitian ini bersifat kualitatif untuk mendeskripsikan suatu fenomena atau peristiwa dengan pengumpulan data sedalam-dalamnya, juga detail pada suatu yang sedang diteliti. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menunjukkan bahwa selain perancangan strategi pemasaran, prinsip desain pada setiap tampilan seperti kesatuan (unity), keseimbangan (balance), proporsi (proportion), irama (rhythm), kontras, harmoni, dan penekanan (emphasis) juga memiliki peran penting dalam membangun likability, membangun engagement dalam bentuk komentar, serta sharing dan virality, dimana hal-hal tersebut akan meningkatkan brand di mata masyarakat.


Keywords
Feed Instagram, Identitas Brand, Prinsip Desain


Full Text
PDF