Articles

PERANCANGAN DESAIN ANTARMUKA PENGGUNA GAME ENDLESS RUNNER MATEMATIKA DASAR BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE

  • D. Diffran Nur Cahyo , Sur Liyan, Muhammad Zainuri

Abstract

Penelitian ini membahas perancangan dan evaluasi desain antarmuka pengguna dalam game edukasi berbasis Android dengan genre endless runner, menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menilai tingkat usability game dan mengidentifikasi elemen desain yang mempengaruhi pengalaman pengguna. Pengujian dilakukan terhadap 30 responden yang diminta untuk memainkan game dan mengisi kuesioner SUS. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa game ini memperoleh skor rata-rata SUS sebesar 88,92, yang tergolong dalam kategori "Sangat Baik". Skor ini mengindikasikan bahwa desain antarmuka game telah memenuhi aspek kemudahan penggunaan, efisiensi, serta kepuasan pemain. Dengan hasil ini, diharapkan pengembang dapat lebih memahami faktor-faktor kunci dalam menciptakan pengalaman bermain yang optimal.


Keywords
Antarmuka Pengguna, Game Edukasi, Endless Runner, System Usability Scale


Full Text
PDF